Monday, May 22, 2006

Dunia penuh kebusukan

Di kantor gua terjadi hal yg aneh sepanjang sejarah gw bekerja di sini , baru kali ini dapat pimpinan yg demikian aneh . Perusahaan yg dengan semena-mena menetapkan aturan hanya cukup dgn ditanda-tangani oleh Deputy CEO dan VP HRD tanpa melibatkan jajaran direksi yang ada baik finance maupun CEO nya sendiri.
Bagi mereka yg baru mau masuk disini sih mungkin akan ditetapkan aturan salary yg sudah diberlakukan jadi intinya take it or leave it.
Buat yg staff baru , lebih mudah krn tidak sreg ya cari lagi , saran gua jangan tergoda dgn gedung mewah di daerah Thamrin , jagnan tergoda dgn layout kantor yg wah krn belum tentu managemen yg diberlakukan adil .
Dengan tiba tiba salary kami dibagi , kalau dulu kami taunya tuh take home pay misal 2 juta , ngak mau tau deh pph berapa atau potong apa deh pokoknya yg gua terima tiap bulan misal 2 juta , tiba tiba di split jadi :
-Gaji Pokok Rp.1.000.000,-
-insentive Rp. 800.000,-
-tunjangan Rp. 200.000,-

Insentive akan dibagi 3 bulan sekaligus tiap pertengahan kwartal , tapiii..kalau stl kita terima insentive 3 bulan kita resign , kita akan dikenakan penalty utk membayar insentive 3 bulan tsb. jadi kemarin ini kita udah terima insentive berarti gaji yg gua terima akhir bulan ini cuma sebesar gaji pokok dan nanti baru pertengahan agustus lagi terima insentive lagi . pusing kan , jadwal pembayaran utang utang kita jadi berantakan , kok ngak mikiiiiirrr sih Pak ? mbok kalau ada otak tolong dipikirkan nasih karyawan kecil .
Belum lagi habis hebooh masalah gaji ini , tiba2 HR nya keluarin peraturan baru , itu juga tanpa ada diskusi jajaran direksi langsung aja ditetapkan begitu oleh HR kalau bagi mereka yg gaji 2 juta dulu kan kalo lembur bisa klaim upah lembur , sekarang oleh HR DITIADAKAN sama sekali , oooh kasian sekali nasib orang kecil tuh , sudah gaji kecil , dituntut loyalitas tinggi dan kerja semangat untuk company ini , kita terus dituntut untuk lebih baik dan lebih baik tapi ngak dipikirkan nasih karyawan kecil ataupun mereka yang sudah kerja selama 10tahun seperti nasib gua ini ?
- Kita tidak boleh datang terlambat barang semenit pun , tidak ada toleransi
- Kita harus bekerja lembur tanpa diberi imbalan makan ataupun transport jadi intinya kalau karyawan cewek harus lembur malam , pulangnya ngak dipikirin deh oleh perusahaan , mau elo dirampok kek , mau elo diperkosa kek , mau elo diculik kek , bukan urusan management !! (catat kalau kalian tau apa yg dilakukan management diluar sana, pasti akan muntah2 krn perusahaan ini terkait dgn salah satu yayasan Budha terbesar yg mendengung2kan KASIH TERHADAP SESAMA !!!)
- Stiker parkir ditiadakan bagi MANAGER KE BAWAH , sedang MANAGER KE ATAS masih dapat parkiran. coba pikirkan nasih OB atau mereka yg naik motor , seharian harus bayar berapa hanya untuk parkir ?
Kita ngak masalah loh sejauh INI DIBERLAKUKAN UNTUK SEMUA LEVEL, tolong jangan level atas yg enak , gaji ngak di split , dapat parkir , bisa menuntut mobil mewah , makan minum hanya dgn bilang entertainment bisa diremburse tapi kalau orang kecil sampai ke hal kecil kecil diperketat.

Buat gua sih oke aja gaji di split gitu yah tapi mengingat managemen yg terdiri dari orang orang busuk dan kerdil hatinya , gua yakin banget deh satu hari nanti tiba tiba insentive yg sebenarnya adalah bagian dari HAK KAMI dihilangkan . Siapa bilang tidak bisa ? siapa berani menentang ? kalau perusahaan bilang , kami merugi , kami menghilangkan insentive tsb , perusahaan tidak salah tapi siapa yg dirugikan ? KAMI donk , insentive itu kan dari gaji kami , waktu kami masuk , kami tidak diberlakukan aturan demikian , tiba2 dipertengahan kami di berlakukan hukum itu , take it or leave it !! Buat mrk yg mau mengajukan pengunduran diri , silakan krn kami tuh para Caretaker tiap hari digenjot untuk mengajukan fresh list nama nama pelamar tanpa memperdulikan kualitas tapi kwantitas. KARENA PERUSAHAAN BERKATA SILAKAN RESIGN , KAMI SUDAH SIAP PULA MENDAPAT PENGGANTI ANDA .That's it , jelas sudah , hak hak orang kecil tidak diperhatikan dan ditindas.

Tidak ada kata kata lagi untuk melukiskan semua itu , yang jelas Bapak-bapak dan Ibu-ibu , gua tepatnya kami semua yang memiliki iman dan kepercaya percaya penuh , masih ada hukum diatas hukum , kalau kalian tidak adil terhadap kami , kami memang tidak akan menang melawan kalian sekalipun sampai ke pengadilan krn di dunia ini ada yg lebih berkuasa yaitu Uang, tapi kami memiliki TUHAN yang adil . dan gua percaya kalau kalian dengan sengaja menghilangkan rejeki kami , maka suatu saat nanti kalian juga akan menerima balasan yg setimpal. Kami memiliki Bapa , dan apa yg diambil dari kami , akan Tuhan pulihkan berlipat2. Roda itu selalu berputar , tidak selama di bawah , ada kadang kala diatas.

9 comments:

Yenny Lesly said...

Ya ampun Lis, elo Preman n galak bener sih, suer gw tatut deh. Sampe nengking-nengking gitu. Oiiii, ingat JC dunk! :) untung si Ratna gak punya blogger yak, bisa shock jantung gw kalo dia posting keik gini. Hiks. Duh gw dah gak berani YM ama elo ah... tatuttttttt!!! *ngacir*

Anonymous said...

sabar, sabar Lisa....

Anonymous said...

Lisaaa.... sapa yg jahatin elo? Sini gw tampol orangnya.

duhhh... cici gw yg satu ini sampe manyun gitu bibirnya. Sabar yah cie, iya, biar aja Tuhan yg bales. Toh rezeki kita Tuhan yg atur. *hugzzzzz*

yanti said...

Ce, payah bener management elo.. ogah ah kerja disono.. (lagian sapa yang mau nerima gue coba hehe)

Sunny Day said...

ck ck ck.. mang kejam tuh perush lu.. g aja sampe bisa ngerasain hawa marah lu dr sini.. ck ck ck.. mang gak adil.. biarin Tuhan yang bales...kayaknya perush lu mo sengaja ngusir karyawan lama, biar pada berenti sendiri kan enak dia gak mesti bayar pesangon banyak2.. n dia terima pegawai baru n gaji dri NOL..

Anonymous said...

sebagai sesama pekerja huehehe, gue jg bakalan muarah kalo tiba2 pihak manajemen mutusin hal kayak gitu seenak jidat nya, wah kalo di pabrik udah di demo kaleee. mana bisa maen split gaji orang kayak getu.. trus peraturan aneh laen nya di bawah.. gile banget seh... jadi kayak kerja Rodi aja. Perusahaan mau nya untung gede, gak mau liat kesejahteraan karyawan nya, tenaga karyawan di peresssss...
hiiiii gue juga ikut geregetan...

Anonymous said...

parahhhhhhhhh.... udah lo jadi provokator aja, ajak semua karyawan demo... Hidup Buruh...Hidup Buruh.. Hidup Bu lisa juga, pelopor kita.

House of Covenant said...

wah, kalu topik HRD emang gag ada abisnya.. keknya mrk diteken utk cari muka kali ya, sampe bikin aturan kek gitu.

sabar jeng..sabar :)

Anonymous said...

Very nice site! »