Wednesday, September 28, 2011

Pengalaman melahirkan

kejadiannya sih udah lama bgt tapi gag papa gw crita disini buat kenang2an dan pengalaman juga .

Jadi back ke 6 Desember 2010 yg lalu :

Jam 4 sore keluarr flek , trs ke RS R*y*l Pr*gr*s di sunter, dicek ricek masih belum pembukaan jadi boleh pulang dulu tapi mau ditanyain ke Drnya dulu.
Lalu gw duduk didepan si suster yg cekikikan trs dg temannya sambil ngedial ke hp so Dr. lamaaaa pisan euy nunggunya 15 menit ada kali, gw tanya "sus , apa dr blg boleh pulang dulu atau musti lgs msk kamar ?" yg dijawab sambil cengengesan bhw dia masih belum bisa menghubungi si dokter. dalam hati gw mulai Rrrrr sebal liat muka tuh suster.
Gw bilang udah hubungi ke rumahnya ? dijawab udah katanya si dokter lg ke bandung utk seminar , hape nga aktip. terus gw bilang penggantina anaknya so dokter juga nga bisa ? jam segini biasa anaknya praktek di klinik yg di menteng kata gw. dijawab dg muka bego nya "oooo gitu ya Bu, baik..baik.. akan sy hubungi ke klinik. yg juga makan waktu lamaaa banget deh. sampe gak sabaran deh masalahnya gua dah ngabisin waktu 40 menit cuma buat nunggu tuh suster cari dokter dan nanya gw stay atau pulang , gituu lh.
Terus gw tanya lagi udah sus ? dibilang telpnya kaga nyambung , hah !! masa siih , biasa kalo gw daptar di klinik mah pasti ada yg angkat dan cepat kok, gw kasih dia telp klinik yg biasa gw telp , coba kamu telp deh ke nomor ini , lalu si suster telp dan holaa diangkat kok ama susternya Dr End* yg disana , lalu bicara sama anak si DrEnd* , akhirnya boleh pulang dulu.
"Ibu boloeh pulang dulu tapi klo malam ada mules atau apa lgs dtg dan naik ke sini ya bu , udah didaptarin" plaaaaak mau gw gaplok deh suster bego kaya gitu ! huuuuh

Kenapa gw marah ? marahlah , kesatu gw lg hamil udah beraaat , kedua gw disana dr jam 4 sore - jam 8 kurabng which is diantara waktu tsb terbuang cuma buat cari dokter , ketiga ya gua lapaar wkwkwkwk keki kan cm gara2 ke tidak profesionalan mrk.
itu ketidak profesionalan no 1. ---> kalau mau dibanding dg RS Bunda jauuuuuh deh , dooh gw dulu jaman Evel dan Celine nga begini di sana. Gua juga kluar flek dulu , bgt dtg lgs masuk ruangan dan di cek , bukaan brp, di tensi dg sigap. lalu suster yg satu lgs cari dokter dan tau gitu looh lokasi si dr lagi dimana , krn nga lama mrk lgs repot ke gw dan bilang Dr akan segera datang, nga jauh kok Bu, Ibu istirahat dulu, kalau ada apa2 panggil aja kami.

Terus gw pulang ke rumah dan tidur deh , jam 2 pagi perut gw mulai sakit, tidur uda nga bisa , miring salah , telentang lebih sengsara pinggang gw sakiit huhuhu... jam 4 tambah sakit gw mulai itung tiap brp menit , kayaknya kontraksi nih tp masih kepikiran hari ini mau kemana aja sama anak2 wkwkwkw.. kebetulan tgl 7 Des kmr pas hari raya tahun baru muharam kalo nga salah. gw br pengen ajak nonton Rapounzel di blitz eh tau2 jam 5 pagi pas pipis kok nga bs berenti pipis , ngucurr terus loh ini mah bukan pipis , air campur darah gitu.. waduh pecah ketuban nih gw pikir , buru2 deh bangunin hubby lgs ke RS.

Sampe sana lgs masuk ruangan , diperiksa dan lgs disuruh masuk ke kamar bersalin deh ... terus katanya bukaan baru 2 sementara gw dah pecah ketuban (pdhl baru bgt loh) takutnya kering jd gw di induksi , ampuun dije deh gw paling ogah di induksi menngingat pengalaman Evel di induksi dulu , rahimnya kaya digedor2 gitu , kalau celine sih gw lahir mulus tanpa induksi ataupun apa2 , bener2 mules masuk ngeden bbrp kali dah keluar dia wkwkwk...., ya udah pasrah deh di induksi dan di infus , dann... kontraksinya pun mulai makin cepet yg sakitnya minta ampuun bikin gw ngomong apa juga dah nga tau deh hahahaha....
Terus lairlah si Rafael , ohya sebelum gw masuk ke ruang bersalin, biasa kan ada standard procedure bukan spt bulu kemaluan nya di wax , terus dipompa pup kita spy pas ngeden nga ikut keluar gitu ? gw nga tau siy itu prosedur standard bukan, kalau di Bunda sih gitu jadi pas si bayi lahir kan setidaknya bersih dr kuman , krn kalau engga kan misal kita ada keputihan apa nga kena si bayi ? mnrt gua sih harusna ya , tapi disana kaga dilakukan , malah pas gw tanya sus kok nga dipompa pup nya nanti klo pas lahiran gmn ? malah dibilang oo kalo Ibu mau pup boleh silakan aja ke kamar mandi , iye itu juga gw tau , kalau ngeden sendiri udah kaga bisa krn uda mules maksud gw dr pihak RS nya harusnya ada siapin obat kan , yaa prosedur standard gitu deh.


Nah ini yg lebih lucu , aslii lucu banget , ketidak profesionalan no 2, pas abis lahir kan mau dijahit tuh , si dr (anaknya dr End* ) minta benang, " benangnya mana " dan tau nga para suster yg di kamar bersalin langsung serabutan cari2 benang , ternyata ngada di kamar bersalin jadi yg satu lgs keluarr lari2 cari benang , haah , gubraak ! gw lgs bilang aduuh dok, jangan pake benang layangan yaa , ampuun dijee deh . kata dokter oooh engga Bu kita cari benang yg terbaik, " kata gue " iya tapi knp bukan dr tadiii , ada sekitar 7-8 menit gua dibiarkan dalam posisi mengangkang . hiks sediih bgt deh. kok gw merasa lahiran di dukun ya ? wkwkwkwkw

sukur sukur masih ada loh benang, gw dah ilfil liat nih RS gw pikir jangan2 benangnya ngada lagi wkwkwk pasrah aja deh mau dijait pake benang apa asal bukan dijait rapat wkwkwkwk


Lair jam 8 teng, gw masuk ke kamar , terus pas jam 11 an gitu krn darahnya banyak , gw minta ganti pembalut , terus si suster bilang ganti di kamar mandi aja yaa , pas ada mama gw , mama gw bilang belum bolehlah , dia lahir tadi jam 8 masa skr udah berdiri , gw pikir sih tadinya juga nga papa ya gw jg nga betah tiduran terus tapi pas duduk kepala gw lgs kleyengan , terus tuh ranjang ditegakkin 90 derajat yg mana bikin gw tambah pusing dan akhirnya muntah. eh makin kekeh deh si suster suruh gw ke kamar mandi , lgs dipapah gw ke kamar mandi pdhl mama gw dah larang loh tp mrk ngeyel loh seakan2 mau bilang kami lbh ngerti gitu, gw dipapah jalan, pdhl gw dah lemah dan bilang sus..sus.. pandangan saya kuning semua , gelap nih masih aja dipapah dan dibilang nga papa bu, pelan2 aja ya , terus gw di dudukin di closet , dia nganmbil waslap , gw dah berasa pusiiing dan makin gelap, terakhir gw ingat gw cm bilang sus.. saya nga kuat lgs deh gubraak gw jatuh dr closet , pingsan. dah nga tau apa2 .

Pas gua pingsan ya yg gua rasain badan gw ringaaaan bgt, enaaak bgt, damaiiii bt, mungkin itu roh gw lg melayang2 ya wkwkwkw.... trs ada suara bilang sih kamu pingsan gitu.. dah gitu gw gelap deh sampe sadar2 di ranjang dan dikerumunin org dan dr jaga yg lagi pertolongan sama oksigen yg di mulut gw. Puji Tuhan loh gw nga kenapa2 , kalau sampai hari ini gw masih duduk ngeblog dan anak2 sehat semua benar2 adalah kemurahan hatiNya dan anugrahNya buat gw. terima kasih Tuhan buat semuanya. amin

Mnrt Evelin , dia yg melihat gw jatuh di kmr mandi , katana sih darah gw sekamar mandi banyak kaya banjir , tapi untung dia nga trauma liatnya , takut gw nanti dia jd takut melahirkan lagi , untung engga n. thx God.


ketidak profesionalan ke 3 yg gua nilai setelah kejadian diatas , oh ya abis itu abis deh semua suster diamuk ama laki gw wkwkwk... bellum tau tabiat org bangka ngamuk ya sus ? wkwkwkwk mati berdiri semua di omel2in deh.

Nah yg kesekian kalinya dr dokter anaknya. krn gw bleeding gw nga bs asi mau nga mau kasih sufor krn gw lemes bgt tuh , nah untungnya laki gw di RS jagain terus , jam 12 malam krn uda ngada rasa percaya sama RS dia ke kamar bayi liat, anak gw gumoh , nga di lap sementara si suster yg shift malam sibuk ngobrol , laki gw panggil bilang tolong itu bayi nya gumoh. dijawab cm hooh hooh aja dan di lap.

jam 2 pagi , laki gw kesana lagi dan diliatin anak gw gumooh lagi cukup banyak , nga ,, laki gw panggil lagi tanya knp gumoh , apa nga di sendawa , yg dijawab nyolot sm susternya , akhirnya diomelin lagi ama laki gw wkwkwkwk... terus akhirnya gw miunta bawa masuk kamar

walaupun gw blm boleh gendong krn masih lemah bt setidaknya gw tenang bayi gw sm gw. Besok malam ternyata masih bgumoh , ipar gw yg nengok siang2 bilang pas nengok di kamar bayi , bayi gw gumoh jg, setelah complaint akhirnya terakhir liat nga gumoh lagi , gw agak tenang taunya jeng jeng jeng si suster bilang dikasih obat , whaat !! kenapa dikasih obat kan cm gumoh ? alasan krn bayi yg ibunya pecah ketuban biasa begitu , hah , masa sih ??? gw br dengar , gw tanya lagi dikasih obat apa ? vometa ! hah !!!! mau maraaah deh , mrk kasih obat ke bayi kita tanpa nanya ke ibuna dulu , keseeellll bgt.

ooh terus gw masih sempet berdebat ama si dr anak , lupa deh debat apa ,pastinya dia bilang ke gw gini yg gw ingat kita kmr seminar dokter di Bali dan berkesimpulan bhw sinar matahari yg nyampe di bumi ini sebenarnya kurang efektif utk bayi kuning ya , bayangin aja jarak mth ke bumi berapa , mana efektif lagi ? ah terserah deh dok apa kate lu, pastinya abis dr sini gw kaga bakal balik kontrol lagi .


So begitu keluar dr RS, gw yg dijadwalkan uk periksa hb darah gw rendaah bgt kaga balik lagi, anak gw juga kaga gw kontrol kesana dan lgs ganti dr anak. oh ya dan hal terakhir yg bikin gw lbh kesel adl anak gw keluar dr rs tanpa vaksin apapun , pas gw nanya katanya ooo adeknya kan sehat jadi tidak perlu vaksin apapun, nanti sebulan datang lagi.

Padahal semua tau kalau vaksin hep B biasa diberikan 12 jam setelah si bayi lahir.



9 comments:

Arman said...

ini rumah sakit yang dulunya medika griya bukan sih lis?

gile ya kok gak prof banget gitu sih...

xuxu said...

wah parah banget!
Gak sayang ibu dan anak tuh rumah sakit.
Dokter anaknya juga sama parahnya.

Mustinya di-sue kayak di amrik tuh.
Sayang ini di Indo yang penuh dengan maklum.

Mamana Clo said...

Ngeri banget tuh RS.. syukurlah ga kenapa-napa selama disana.. RS kaya gitu tinggal tunggu waktu ntar pasti ada yang nuntut karena ketidak-professionalannya..

evancelia-mom said...

Arman : yuup betul Man, mau ganti nama brp kali juga nga ngepek kali ya kalo service nya kaga profesional gitu.

Xuxu : waduh klo di sue yg ada kita keluar duit wkwkwk tau sendiri dong di indo

Mama Clo : RS nya sepiiii bgt , waktu gw lahir cuma ada 1 bayi , tambah gw jd 2 wkwkwk... bisa bandingin ama bunda dan hermina yg bayinya banyak, pas gw keluar di hr ke 4 cuma ada 3 bayi gila kan , sehari paling satu , itu jg pasti krn pasien Dr End* yg direfer ke sana semua.

mieke said...

ya ampunnn.. kacau banget sih ni rumah sakitt... tapi Puji Tuhan deh semuanya baik2... soal vaksin, kayanya emang ga semua rumah sakit deh kasih vaksin begitu bayi mo di bawa pulang, waktu itu anak gw 2-2nya pulang tanpa di vaksin loh.. dulu gw lahiran di rs pulomas ama satu lagi di jatinegara. 2-2nya dapat dokter anak yang kacauuuu... tapi Puji Tuhan, anak2 baik2 semua..
lam kenal ya..

Nilola24 (Tia) said...

Hi Lis, salam kenal ya. Waktu itu gue sempet kepikiran mau cari dokter endy dan lahiran di sana secara rumah gue tinggal jalan kaki doang. Tp ga sengaja, beberapa bln lalu gue baca postingan elu sebelumnya ttg rs ini. Jd akhirnya ragu2.

Duh..serem ya. Untung deh elu sama anak2 ga kenapa2.Emang sih rsnya ga gitu rame. Yg terkenal cuma dokter kandungannya doang ya.

evancelia-mom said...

Mike : iya sih cuma 2 anak dulu di bunda keluar divaksin , emang sebel ya kalo dpt RS ngaco gitu

Tia : hai Tia , thx udah mampir. iya yg terkenal Dr Endi nya aja dan kayanya dia yg punya saham deh makanya pasiennya di refer kie sana semua. cuma ya peningkatan service juga dong harusnya ya , jadi akhirnya lahirdimana ? klo sunter mah mending ke hermina aja ? dr anak disana oke2 juga.

BabyBeluga said...

Aduh, ngeri banget tuh RS. Disini sih professional banget cuman yah bayarnya mahal sekali. Waktu melahirkan Jake tdnya mo milih RS yg dekat ama rumah krn RSnya bagus tapi no dua setelah "St.F" cuman bakalan pediatrician baby gw RSnya di St.F dan dia blg RS ini no satu di negara bagian kita untuk neonatal nya. Ternyata gga nyesel deh, pelayanannya bagus.

Olla said...

Hai, lam Kenal yaaaa :) gw paling gag sueneng pas adegan elu pengsan di Kamar mandi. Udah tau pasien pusing msh paksa turun bed :( stupidddd deh!!!

Ntar gw baca2 dulu blognya, biar tambah kenal :)