Friday, January 27, 2006

Evelyn Jatuh

"Enci, usahakan segera pulang krn Evelyn jatuh kakinya luka kejeblos kursi .terima kasih,Siti"

Itulah sms yg gw terima kemarin sore kira2 jam.17.50 sore. Saat itu gw masih di kantor ada sedikit pekerjaan dan harus lembur , begitu membaca sms tsb gw langsung menelpon ke rumah setengah panik dan bertanya bertubi tubi untuk mengetahui keadaan Evelyn.
"apakah lukanya parah ? "
"bagaimana kejadiannya, siapa aja yg ada disana"
"posisi kamu ada dimana"
"kenapa dia bisa naik ke kursi yg memang sudah agak bolong tsb"
dan seterusnya dan seterusnya , sambil menangis kalap.

Tanpa berpikir semua dokumen langsung gw lempar ke laci , dikunci , lgs gw telpon hubby utk segera pulang melihat kondisi Evelyn dan gw sendiri langung pulang tanpa pamit ke boss .(pdh biasanya sih jg ngak hihi) Sepanjang perjalanan , gw terus berdoa dan berdoa ,minta Tuhan jaga Evelyn.

Sampai di rumah , gw sampai histeris dan mau pingsan rasanya , luka Evelyn menganga lebar dgn kondisi kulit sobek dan yang terlihat cuma daging putih yang menguak dan ditengah2 agak bolong gitu . Gw sampai histeris sekali "kenapa bisa sampai begini ?" "ampunn, apa kerja si suster dan pembantu , menjaga 2 anak bisa sampai begitu ?"
Tapi bener , saat itu gw benar benar ngak tega melihat kondisi luka di betis Evelyn ,Secepat kilat gw dan hubby bawa ke UGD RS Husada , dan ternyata masih harus menunggu 1 jam dikarenakan di UGD banyak pasien tapi dokter jaga cuma 1 !!!
Akhirnya stl menunggu 1 jam lebih barulah giliran Evelyn dijahit , dan dokter tsb dokter senior yang dikelilingin dokter-dokter muda yang baru belajar dan menjadikan Evelyn spt kelinci percobaan , jadi dokter tsb sambil menjahit sambil memberi pelajaran kepada dokter muda tsb, dan tau sendiri kelakuan seorang dokter senior bagaimana , dia tidak menjahit secara perlahan , tapi dia mengurek ngurek daging Evelyn untuk membersikan lukanya , sampai gw ngak tahan dan bilagn ke dokter untuk lebih perlahan dikit krn melihat darah berceceran kemana2 , yang ada malah si dokter bilang gini ke gw " Ibunya kalau ngak tahan silakan menunggu diluar"
Dasar!! tapi gw tetap ngotot dan melihat proses jahitan nya .
Ngak lama sih , akhirnya selesai . yap 9 jahitan dan tau ngak Evelyn memang anak yg tabah , dari awal sampai akhir , tidak sedikitpun dia berontak ataupun menangis , dia hanya sedikit merintih pada saat dokter menyuntik suntikan tetanus , krn dokter tsb main tusuk aja , dan pada saat dokter melakukan bius lokal di area lukanya . Dia merintih sakit Mi..sakit..... , dan yg bisa gw lakukan hanya berdoa dan berdoa , sambil mengelus kepalanya dan membisikan doa dan berkata untuk tahan ,cuma sebentar kok sayang , tahan yah , dan dia mengangguk tapi gw tau dari mukanya dia menahan sakit .

Setelah proses jahit selesai , Evelyn sudah mulai ceria dan bercerita ttg teman sekolahnya , dan bertanya "besok masuk sekolah apa tidak ", "nanti mami tolong kasih tau Ibu guru yah kalau aku jatuh". Gw berterima kasih pada Tuhan , Puji Syukur pada Bapa krn Evelyn tidak kenapa2 .

Setelah pulang , gw mulai interogasi ttg apa yg terjadi , tapi yg gw heran jawaban yg gw terima selalu berbeda2 dari si BS.
pertama dia bilang krn si Celine minta kue , maka dia ke belakang sebentar utk ambilin Celine kue maka evelyn & celine ditinggal bentar trus tau2 evelyn udah jatuh.
kedua kali gw tanya lagi , jawabannya celine lari ke pintu maka dia mengejar celine agar jgn kedepan dan pas masuk lagi evelyn udah jatuh.

menurut Evelyn , dia mencoba utk menutup gorden krn sudah malam dan si BS atapun pembantu ngada yg ditempat , makanya dia menarik kursi rotan yg sudah agak bolong ditengahnya dikrnkan Evelyn & Celine suka jingkrak2 jadi tengahnya agak bolong dikit dan rencana kursi itu memang mau ditaruh di gudang.Ternyata stl naik , kakinya kejeblos dan krn disamping kursi ada paku jadi pas kakinya diangkat jadi sobek.

Ini bukan kejadian yang pertama menimpa Evelyn , di tahun 2004 ditangan BS ini juga , Evelyn juga pernah jatuh dari meja telepon dan kepalanya bocor , waktu itu juga hampir pingsan krn sekitar kamar penuh dgn darah dan dijahit 7 jahitan di dahinya krn sobek. Belum lagi banyak kejadian kejadian kecil yg menimpa Evelyn saat bersama si BS.

BS ini namanya Siti , sudah ikut gw dari sejak Juli 2001 sampai skr , tapi yang namanya kalau udah ikut 5 tahun tuh harusnya udah pinter dan tau apa maunya kita tapi ini sifatnya ngak pernah berubah . Sebenarnya hubby udah jenuh dgn si Siti ini , tapi gw yg masih pertahankan terus krn gw pikir kasihan , dia tidak pinter kalau ditempat lain dijamin pasti ngada yg mau. contoh2 kecil yah pertama kali dulu kerja , pas Evelyn sakit mau ke dokter , gw suruh kemas2 , si siti ini dgn panik bawa kantong kresek hitam dan isi dgn baju baju dan botol susu , coba mau marah ngak waktu itu , pdhl tas bayi ada dan dia yang simpan tapi mau ke dokter pake kantong kresek , udah gitu berapa kali sewaktu Evelyn bayi umur 8 bulanan gitu , setiap ke dokter utk vaksin , gw baru sadar ini anak ngak pake pampers , gimana kalau pipis ? barulah buru buru siti ambil dr tas dan pakein , ini hanya contoh kecil saja. belum kehitung kesalahan demi kesalahan yg diperbuat , spt pecahin slow cooker , rusakin termos , rusakin kran air (yg ini mah udah ngak terhitung) . Belum lagi kejadian beberapa waktu yg lalu , kata mama saya si Celine ditinggal sendirian sementara si siti entah kemana dan si pembantu juga entah lagi ngapain , pas mama gw naik ,posisi Celine naik diatas meja dgn tangan sudah terjulur hendak mencabut colokan listrik krn kata celine , dia tidak mau nonton pake speaker jadi dia mau cabut colokan listrik speaker nya. Ngak bisa gw bayangin juga kalau misalnya mama gw terlambat naik sedikit , mungkin dia terjatuh , mungkin kesetrum , Puji Tuhan yang masih tetap menjaga dan melindungi Celine & Evelyn.

Apa aja sih kerja si Siti , dengan gaji 750.000 :

-Bangun tidur , dia masak air dan bikin teh / kopi buat kami , lalu siapin cincang daging yg nanti gw masak.sementara si pbt nyapu,ngepel dan ngelap ngelap.
untuk urusan cuci ,gosok ada lagi tukang cuci gosok pulang hari jadi siti tidak cuci gosok.
- udah gitu paling siti mandi dan makan
- kalau evelyn dan celine bangun , dia siapin susu dan mandi buat mereka , sementara itu gw masak utk bekal dan makan siang anak2.
- nanti gw juga yg mandiin celine atau evelyn , stl selesai gw antar anak2 ke sekolah
- siti sudah free , paling beresin kamar gw
- mama gw kebanyakan yg jemput anak2 pulang sekolah kecuali kalau mama gw pergi , baru siti yg jemput
-pulagn sekolah , siti siapin buah buat anak2 , dan sambil nunggu makan siang paling dia main sama anak2 dan nonton.
- stl makan anak2 tidur .
- selama anak2 tidur , dia juga tidur siang , nanti kalau udah sore dikit baru dia siapin mandi anak2
- kalau anak2 udah bangun , dia mandiin anak2 dan udah tinggal main sambil tunggu makan malam . Jarang banget dia ajarin anak2 pelajaran , cara bermainnya paling dia keluarin mainan sementara anak2 main sendiri , dia ngobrol dgn pbt (mnrt laporan Evelyn) atau nonton krn Evelyn hapal dgn daftar sinetron sore hari .
- Kalau gw udah pulang , gw yg pegang full anak2 dan dia bebas .

So ..... gw lagi berpikir mungkin ini saatnya gw untuk mengambil keputusan dengan harapan mendapatkan yang terbaik untuk buah hati gw tercinta.
pertimbangan gw selama ini : dia tidak mukul anak2, tapi kalau gw kilas balik anak2 gw sudah banyak menderita juga krn sering nya jatuh , dibiarkan main sendirian , belum lagi kemarin Celine matanya bengkak , gw tanya ke siti kenapa dan dia bilagn krn celine sariawan tapi pas udah di kamar berdua , gw balik tanya ke celine knp nangis , celine bilang krn si cus tarik bajunya kasar jadi kancingnya kena mata , pantes mata celine bengkak, belom lagi laporan Evelyn yg bilang jempol nya berdarah , ternyata si siti gunting kuku nya tanpa perasaan jadi agak dalam dan kukunya jadi berdarah , dan masiihh banyak lagii................ My God kemana aja gw selama ini ? gw pikir sudah memberikan yg terbaik untuk anak-anak gw tapi ternyata..

Oh yah belum juga lupa dgn kejadian kemarin , tau tau pagi ini si siti bilang mau pulkam krn lagi ada pembagian warisan di kampung dia dan dia ngak bisa diwakilkan jadi harus pulang , I said NO. dan dia bilang hari rabu pagi udah balik. sebel ngak sih baru juga kejadian begini masih berani dia minta pulkam lagi. setahun bisa pulkam berapa kali , ntar warisan lah , ntar anaknya kawinan lah , gw sih selama ini nga pernah marah bahkan kadang gw kasian jadi gw kasih ijin lebih buat dia spy tiap kali ngak usah buru2, tapi akhirnya jadi ngelunjak, slalu ada ajaa...

Wuihh gw bete banget jadi nulisnya panjang banget . sorry yah yg bacanya mungkin juga capek apalagi gw yg nulisnya lebih capeek lagi . But I really need support for me to make a final decision .

Buat teman teman gw yg sudah mendukung gw selama ini , thank a lot yah krn lu orang setia mendengarkan uneg2 gw . Buat Ellen,Tika,Fitri, Sudi,Regina, dan masih banyak lagi again thanks for hearing me .


Thanks God for saving my Children , tutup bungkus anak2ku dengan kuasa Darah-Mu Yesus. Puji Tuhan.

~ls~

4 comments:

Anonymous said...

oh my God!! Serem banget Lis, kayak film horor aja. Sukur deh cepet ditangani. Get well soon yah Evelyn. Btw, BS lo terlalu deh, jagain anak aja gak becus. Mending cari yg better aja say, kasian anka² lo. :(

evancelia-mom said...

menurut lu gimana Wi , gw kalau pecat dia bener kan yah. gw need dukungan biar yakin. Btw,Thank yah Wi buat perhatiannya.

Anonymous said...

Lis, bawa dalam Doa Wi. Jadi kalau harus pecat BS elo, elo bisa dpaetin BS baru yang bagus & sayang ama anak-anak loe. Ketika kita bawa semua dalam doa pasti semua jalan & cara dibukakan Tuhan.

Anonymous said...

Aduh Lisa, g gregetan banget bacanya nih, g ngebayangin kalo anak g yg begitu, udah g unyeng2 tuh BS! (Sori emosi :))
G agak strick sih kalo sama BS, jadi pas g baca tulisan lo nih wah... g salut sama kebesaran hati lo. Cuma harus dipikir jg loh, jgn sampe menyesal dikemudian hari kalo terjadi apa2 sama anak kita. So, sebelum itu terjadi, segerelah bilang "abis pulkam ga usah balik lagi deh" :D Selamat memutuskan