Wednesday, March 01, 2006

Sekolah Evelyn

Bangun tidur sekilas gw liat di jendela mendung dan hujan,gua liat jam baru jam 5.30 gelap banget . uuh enak banget dingin dingin gini mending tidur lagi dan ngak lama gua tarik selimut sambil memeluk Evelyn di kiri dan Celine di kanan dan back to sleep again...Zzzz..Zzzz... tapi ngak lama krn kemudian gua liat hubby ternyata bangun dan turun buat gosok gigi dan nonton Metro News sambil nunggu si abang koran datang. Ah biar saja , gua tetap meringkuk diranjang dgn anak2 biar sudah tidak bisa tidur lagi , gw tetap diranjang sambil memandangin wajah wajah Evelyn dan Celine yang lugu dan polos , mereka benar benar seperti malaikat kecil yg tidak berdosa. Ngak lama gua liat sudah jam 6 pagi , diluar masih gerimis dan mendung , sebentar lagi anak2 harus bangun untuk minum susu dan ngak lama memang mereka bangun tapi masih dgn mata setengah terpejam . Hayoo Bangun udah mau sekolah , Evelyn bilang ngak mau sekolah soalnya dingin , enak mau bobo lagi . 5 menit aja yah bobonya nanti musti bangun mandi dan Evelyn menepati janji , pas gua panggil lagi dia langsung bangun dan turun buat mandi , sementara Celine masih ngak bergerak sama sekali , yg ini memang agak susah dibangunin , tergantung mood nya , kalau lagi senang dia bangun suka rela , kalau lagi ngak mood dibangunin bisa marah dan nangis2 udah gitu menolak mandi , menolak pergi kesekolah , repoot. Untunglah pagi ini dia ngak marah2 malah lgs bangun , minta digendong dan mandi .
Mau berangkat masih hujan juga , sementara Celine ribut terus ngingetin kado ultah temannya dari kemarin dan gua sudah bungkusin , gua juga ngak liat undangannya krn udah hilang kemana ama Celine jadi kata celine hari ini temannya Jazzeline ultah , yah sudah gua cepat2 bungkusin kado yang memang gua stok dirumah. Gua tuh memang hobi nyetok kado anak2 dirumah jadi kalau ke ITC tuh gua suka beli kadonya sekaligus banyak stok dirumah jadi kalau ada yg ultah , gua ngak perlu buru buru beli di sarinah dan juga bungkus kado gua udah stok banyak beli di Asemka murah meriah dan bagus2 Rp.8.000 dapat 50 lembar.
Dan berangkat ke sekolah , tidak lupa bawa bawa kado buat temannya Celine , tapi pas sampai di sekolah , kok ngada yg bawa kado yah ? biasa kalau ada yg ultah , di meja gurunya sudah ramai dgn kado anak2 buat yg ultah , ini kok ngada ? gua celingak celinguk trus nanya ama teman gua ternyata... ultahnya hari jumat bhoo.. hahaha pantes aja gua diliatin trus ama orang2 gua tanya ama Celine , kok kamu bisa pede banget hari ini si Jazz yg ultah sih ? iya kok emang hari ini si Jacelin yg bilang kok, walah ternyata tuh anak memang hr ini ultah tapi dirayainnya hari Jumat besok yah sudahlah terpaksa kadonya gua bawa balik lagi nanti hari jumat baru dikasih hihiihihi

Sedangkan Evelyn hari ini terlihat tegang krn takut dengan gurunya yg galak. Krn sebenarnya mereka tuh ada program naik busway , sebenarnya gua ngak keberatan Evelyn ikut naik Busway tapi stl gua dengar yg berangkat anak TKA pagi dan siang digabung dan total guru cuma 3 orang memang gua agak khawatir apalagi Busway sekarang tidak sama dengan Busway yg pertama kali dibuka spt yg pernah gua posting beberapa waktu yg lalu , Sejak dibuka interchange kali deres dan pulo gadung itu memang busway tuh selalu penuh sesak , apalagi kalau pagi2 naik busway di jam kantor begini itu padat banget dan hubby juga ngak setuju kalau Evelyn ikutan , akhirnya gua mencoba nego dgn gurunya bagaimana kalau gua ikut dan juga memang ada beberapa orang tua yg ingin ikut untuk melihat tapi ditolak , biarpun gua keukeuh gua cuma mengawasi aja dan tidak ikut campur so far kan gua bisa ikut bantu memantau anak2 jgn sampai ada yg ketinggalan tapi sang guru menolak bahkan kepsek kasih wanti2 kalau ngak masuk besok harus dgn surat sakit . wewww kok maksa sih , jadi sebal nih kalau pemaksaan gini , ini tapi untunglah kemarin itu hujan jadi kata hubby ngak masuk sekolah saja dan ternyata bukan cuma Evelyn yg ngak masuk , tadi pagi pas datang gua tanya2 ternyata banyak juga yg ngak masuk hihihi jadi ada teman deh .
Tapi Evelyn takut dimarahi oleh gurunya jadi tadi pagi hubby datang menghadap memberi penjelasan dan supaya si anak jangan sampai dimarahi. Tapi guru Evelyn ini memang galak banget sudah banyak teman2 Evelyn yg setiap masuk kelas pasti nangis histeris , lagi berbaris menolak , menangis dan menjerit2 sampai muntah kadang2. dan usut punya usut ternyata kalau di kelas mereka suka dimarahin , dilempar pake penghapus atau di sabet pake penggarisan. Pernah ada teman gua yg marah krn anaknya dimarahi , sebenarnya kami orang tua murid juga maklum kalau guru tuh disiplin bagus dan kalau anak nakal diomelin , ngak apa2 tapi asal jgn main fisik atau membentak yg bersifat pelecehan spt : "Hansel.. kok kamu bodoooh sekali sih" sambil bicara begitu biasa si guru menuding-nuding kening Hansel dgn telunjuknya. kalau yg ini teman aku yg pas lagi nunggu didepan melihat sendiri dgn mata kepala. Nah trus teman gua yg lain jg pernah labrak si guru dikrn-kan anaknya Marsha sedang diare dan sebentar2 minta ijin ke WC , si guru kesal dan bilang ke Marsha "Awas yah Marsha jangan sampai kamu pup di kelas, kalau kamu pup di kelas, Ibu suruh kamu makan tuh pup itu" si anak lgs melapor ke teman gw dan lgs teman gw masuk utk labrak si guru utk lebih sedikit sabar dan ngomong yg benar ke anak kecil , si guru tuh kalau dilabrak biasanya cuma diam dan minta maaf .
So far Evelyn gua tanyain apakah pernah dimarah , dipukul atau disambit pake penghapus sih tidak pernah , cuma pernah dituding tuding kepalanya tapi udah lama jadi gw ngak bisa complain juga krn kejadiannya kapan gua ngak tau jadi gua cuma bisa pesanin Evelyn kalau kepalanya dituding2 atau dipukul bilang ke si Ibunya begini "Ibu jangan begitu donk"
Oh terus satu lagi juga teman gua cerita kalau anaknya suka disentimenin sama si guru, seperti disambit pakai penghapus krn memang anaknya tukang ngobrol kalau dikelas dan lebih parah lagi kalau hari jumat biasa kan memang tidak bawa bekal makanan krn dari sekolahan pasti dapat makan jadi semua anak sudah dibagi makanan kecuali si Felita ini , dia tidak dapat dan begitu pulang dia langsung menangis ngadu ke mamanya kalau tadi dikelas si Ibu tidak bagi makanan ke dia dan cuma dia doank yg ngak makan , yg lain pada makan. Grrr sayangnya teman gua ini orang yg sederhana dan tidak mau cari ribut jadi cuma bisa pasrah aja. Kalau gua bisa abiss kali tuh guru gua damprat , masa sebagai seorang pendidik mempunyai attitude yg tidak baik buat anak2 apalagi ini masih di TK .
Gua setuju kalau guru disiplin menerapkan aturan , gua setuju kalau guru marah untuk kebaikan , gua setuju kalau guru menerapkan hukuman buat anak yang nakal . hukuman apa ? hukuman yang bersifat mendidik si anak agar lebih bisa bertanggung jawab bukan hukuman dalam arti fisik. Gua juga memberi hukuman pada Evelyn atau Celine tapi bukan fisik , hukuman yg gua trapkan spt tidak boleh nonton DVD, atau tidak jalan jalan , atau DVD kesayangannya spt Spongebob gua simpan dulu sampai weekend baru gw keluarkan atau yang semacamnya , bukan hukuman fisik spt cubit , pukul . Itu akan membekas dihati mereka nantinya spt hubby yg dulu dididik di keluarga yg keras . kata hubby dulu dia dibesarkan dgn cara keras spt suka dipukul oleh papanya tidak cuma hubby melainkan adik ipar semua juga pernah merasakan hal yg sama. Hubby anak pertama dari 6 saudara . Kelima-limanya pernah merasakan bogem mentah papa mertua kecuali adik ipar yg bungsu ngak pernah. Bahkan sampai hubby SMA juga masih suka dipukul oleh papa-nya. Tapi skr sudah ngak lagi krn sudah pada besar2 kalau dipukul lagi mah itu namanya cari mati si papa mertua soalnya anak2nya punya badan lebih besar jadi kalau dipukul mau dipukul balik lagi hehehe Tapi sejak hubby married dan punya cucu , dan juga sejak mertua gua terima Yesus , dia sudah jauuh berubah dan sayang cucu .
Jadi hubby tuh paling ngak suka kalau mendidik anak dgn kekerasan spt cubit,pukul krn dia sendiri sudah merasakan traumanya.

Disiplin memang perlu krn dijaman sekarang ini kalau anak2 tdk dibesarkan dalam kedisiplinan , kayanya bakal repot apalagi anak cewek . Jadi ingat teman gua nih yg punya anak cowok 2 org , dia bilagn gini ke gua " Lis, kalau gua punya anak cowok , gua cuma repot jaga 2 burung saja , tapi kalau loe kan anak cewek , lu lebih repot lagi krn harus menjaga mereka dari berbagai burung" hahaha kurang ajar memang tuh teman gua yg satu ini. Open Mouth
Selain disiplin juga doa paling penting , dari kecil gua usahakan mereka dekat kepada Tuhan dgn cara berdoa sbl makan dan tidur. Ada yg lucu dari Celine , dia cuma bisa doa "Yah Tuhan berkati makanan yg akan kami makan hari ini , amin" krn doa nya cuma bisa itu doank jadi kalau mau tidur pun dia akan berdoa yg sama hahaha . Masa mau bobo doanya sama ama doa makan seh ? tapi gpp yg penting dia udah tau dan mau doa , gua senang kalau Evelyn sudah pintar doa , kemarin yg dia jatuh dan dijahit itu , kata pembantu gw cerita ternyata stl Evelyn jatuh dgn luka lebar itu , si pbt dan BS pada nangis ketakutan , si Evelyn malah berdoa "Tuhan tolong sembuhin kaki aku dan spy mami jgn marah yah" duhhh anak gw yg satu ini Blow Kiss

Yg penting bagi gua setiap pagi sblm sekolah dan malam sebelum tidur adalah tumpang tangan kepala anak2 dan minta Tuhan berkati mereka selalu dan tutup bungkus dgn kuasa Tuhan.

~ls~

6 comments:

Anonymous said...

busettt...itu gurunya evelyn galak bener. Di demon aja tuh guru biar dikeluarin.

Naik busway? iyalah..ngeri banget klo masih TKA. Itu guru maksa banget sih. nyebelin!

Anonymous said...

Lis, laporin aja tuh guru ke Komnas Hak Anak. Ntar kalo jadi lapor, salam buat Kak Seto yah... hehehehe... cium buat Evelyn ah...

evancelia-mom said...

Dewi : Lu setuju juga kan ama gua yah Wi , kalau naik busway memang bahaya yah akhirnya gw pikir gw yg overprotective.

Yenny : salam cium jg buat Titan , haha emagn kak Seto kenal ama loe Yen ?

Hendri Bun said...

Kata Evelyn: Tuhan tolong sembuhin kaki aku dan spy mami jgn marah yah ...

Mmm ... berarti maminya galak juga yah ha h ha

Anonymous said...

aduhh..aduh..ikutan panas nih ama tuh guru. Kok bisa ya guru TK kaya gitu, harusnya kan sabar, ihh..gemes

Anonymous said...

Masa sih maminya galak? Sayang kali ya.. hehe..

Pa kabar nih Lis?