Friday, April 28, 2006

Sekolah Evelyn

Kemarin ini Evelyn pulang sekolah bercerita pada gw kalau dia dibilang akan diberi nilai 0 utk rapor nya. Dalam hati gua sih berkata , masa sih gara gara ngak pernah ikut ekskul berenang dikasih nilai 0 ? gurunya ini kadang suka keterlaluan juga , kadang gurunya tuh tidak berani langsung berhadapan dgn orang tua murid tapi beraninya anaknya yg diintimidasi , bukan sekali dua kali , Evelyn bercerita kalau gurunya suka menyindir dan membentak dia , tapi gua pikir selama ini yah mungkin krn Evelyn ngak nurut atau ngobrol di kelas , so far sih gua diemin aja dan ngak tegur gurunya , sementara org tua murid lain juga mengeluh mengenai kelakuan si guru yg makin lama kadang makin kelewatan, dan mengeluhkannya pada kepala sekolah tapi cuma dijawab dgn muka ramah dan senyum lebar "aah , Ibu R itu cuma galak di mulut dan mukanya memang ngak ramah , tapi hatinya baiiiikkk kook Ibu-Ibu, jadi jangan diambil hati yah"
Weeeks , nyebelin kan kalau ada keluhan cuma dijawab dgn jawaban yg basi banget gitu dan ngada tindakan apa apa dr pihak sekolah. Krn kelakuan ini guru kadang semakin menjadi-jadi , suka nyambit anak pake penghapus , kalau lagi sentimen dgn si A misalkan , maka semua anak kalau hari jumat akan mendptkan mkn dr sekolahan kan , dan 1 kelas semua dibagi makan tapi si A tidak dpt , maka mengadulah si A ke mamanya yg mana mamanya tuh tipenya ngak mau ribut dan cuma bisa berkata "yah sudahlah nak, ngak papa, jangan dipikirkan" atau contoh lain si G, yg mulai sebulan terakhir ini ngadat masuk kelas , setiap berbaris G slalu menjerit dan merangkul Omanya agar jgn meninggalkan dia , dan menolak keras masuk kelas , pdhl G termasuk anak yg pinter dan penurut dan tidak pernah nakal ...usut punya usut oleh si omanya akhirnya ketauan krn G sering dipukul dgn penggaris oleh si Ibu kalau setiap ditanya dan G jawabannya salah..
Krn keseringannya gua mendengar keluhan org tua murid ttg kelakuan ni guru , akhirnya tergelitik juga hati gua utk mulai menginterogasi Evelyn ttg perlakuan si guru thdnya , dan barulah terungkap ternyata Evelyn jg mendpt kelakuan yg sama , spt kalau lagi berdoa , Evelyn tidak tutup mata rapat2 dan masih mengintip , tau tau keningnya didorong oleh si guru sambil melotot " MATANYA ...EVELYN" atau kalau Evelyn tidak pake kaos kaki putih, juga kena bentakan, atau kalau saputangan yg di pin di baju copot , itu juga diomelin bahkan kalau Evelyn tidak masuk sekolah misalkan besoknya dia akan terus menerus disindir dan dijadikan contoh lelucon di kelas. dan sebelumnya pas paskah kemarin mereka disuruh mencari telur di taman bermain , Evelyn tidak mendapat telor satupun krn setiap dia mau mengambil , dia didorong oleh temannya dan telor direbut , ketemu telor satu lagi didorong lagi dan direbut lagi , demikian seterusnya. Pas ngumpul di kelas sebenarnya ada 3 anak yg tidak mendpt telor , tapi entah knp lagi lagi Evelyn yg disindir "semua dapat teloor , kamu doank yg ngak dapat telor gimana seh.." dan terakhir kejadian yg Evelyn tidak berenang , dia diancam dapat 0.....
Sebenarnya bukan gua ngak mau kasih Evelyn berenang , lah habis kolam renangnya cuma seupil gitu , guru yg memantau cuma 2 org kadang 1 org kadang kepikiran was-was krn namanya anak2 pasti dorong2an , kedua sehabis berenang yg membersikan si guru-nya apa iya bersih ? krn ada kejadian dgn teman Evelyn yg bernama Agnes, pulang berenang , pas mamanya bongkar kantong plastik yg berisi baju bekas Agnes berenang ternyata ..di baju renang Agnes terdpt sepotong panty liner yg masih ada darahnya....ooooh noooo Sleepy dan waktu dikonfirmasi ke si guru , si guru mengelak dgn jawaban "ah tadi pas saya beresin ngada kok" lah emang ada setan apa ? masuk sendiri ke tasnya si Agnes . huuuu
So...harus diambil tindakan tegas neh.. pikir gua.Ternyata hubby jg berpikir yg sama dan hubby bilang biar dia aja yg bicara dgn si gurunya .

Then besokan harinya :
hubby (dgn muka seram) : saya mau tanya knp Evelyn katanya mau dikasih nol utk rapotnya gara2 ngak berenang ?
guru (dgn suara garing dan kencang) : YA, AMPUUUUN PAK, ITU KAN BECANDAAA
hubby (masih dgn kalem) : emang Ibu pelawak ? Ibu ngak tau efek dr becanda itu mengakibatkan anak saya ngak bisa tidur ?
guru (dgn suara lantang) : SAYA SEORANG GURU , SAYA TAU APA YG SAYA LAKUKAN, BAPAK TIDAK USAH MENGAJARI SAYA !!!
hubby ( suara mulai tinggi juga) : SAYA TANYA IBU , IBU PELAWAK APA GURU !!!
guru (nada melengking) : BAPAK JANGAN EMOSII DONK !!
hubby ( membentak) : SIAPA YG EMOSI , SAYA TANYA BAIK2, IBU YG MENJERIT JERIT . INI BUKAN JAMANNYA MENGAJAR DGN SISTIM MILITER , IBU BILANG IBU BECANDA TAPI MUKA IBU SUDAH MUKA PERANG , ANAK MURID MANA YG TIDAK TAKUT ?
guru (melengking tinggi) : SAYA ITU ORANG SUMATRAA , MEMANG SUARA SAYA KENCANG
hubby : Saya juga orang sumatra, suara saya juga begitu ...
guru : saya sudah mengajar dr th.94 ,Pak !! saya sudah berpengalaman sbg guru !!!
me : wah Bu , th 94 dollar masih Rp. 2000, skr dollar udah brp di Rp. 9000. Udah berapa kali ganti presiden , jadi bukan jamannya lagi Ibu mendidik anak murid spt jaman saya kecil dulu !!
hubby : bukan masalah lamanya menjadi guru , tapi kenapa Ibu harus mengintimidasi anak shg anak tidak menimbulkan rasa tidak nyaman thdp si anak ?
guru : bla..bla..bla... (dgn garing , melengking dan melotot)

Sementara itu akhirnya gua sibuk menenangkan hubby dan kepala sekolah juga menenangkan si guru. dan stl lewat perdebatan yg panjaang akhirnya masalah diselesaikan berakhir dgn salam tangan , tentunya juga disertai ancaman hubby "Ibu, jangan sampai masalah ini menimbulkan sentimen pribadi thd anak saya , kalau saya dengar Ibu masih sentimen sama anak saya , saya cabut anak saya pindah dari sekolah ini" yg dijawab dgn tergopoh2 dan muka manis oleh kepala sekolah "ooh pasti itu Pak, saya jamin tidak ada sentimen2 di sekolah ini "Mouth At Side

Akibatnya sejak itu , setiap malam gua harus selalu bertanya pd Evelyn apakah diperlakukan tidak adil lagi , dan sukurlah tidak. eh masih sih tapi gua anggap itu wajar krn berupa teguran utk pelajarannya, so far selama si Ibu ini jangan main fisik aja .
Bukan gua over protected thd anak gua , krn gua kecil sekolah di sekolah kristen yg sangat disiplin sekali , saking disiplinnya sampai sampai si guru tidak segan memainkan rotannya kepada murid atau menggebuk punggung belakang si anak . ya contohnya gua ini dulu gua pernah ketinggalan buku pelajaran dan akibatnya dimarahi , dikata2in , dan digebukin punggungnya atau dirotan pdhl waktu itu gua baru umur 8th..
Bila terlambat datang , maka hukumannya disuruh keliling lapangan dengan tas diangkat dikepala( tau donk tas jaman gua kecil tas jinjing merk presiden atau echolac gitu yg berat bgt krn isinya buku2 pelajaran) sampaai pingsan krn panas terik dan selama guru bilang tidak boleh stop maka kita harus keliling terus sampai gw pernah pingsan saking haus dan pusingnya.
Dan ternyata sekolah gua itu akhirnya kesandung kasus, yaitu salah seorang murid pernah dipukulin pantatnya dgn rotan sampai biru lebab membengkak dan tidak bisa duduk , akhirnya org tuanya lapor polisi dan masuk ke koran , dan gurunya saking stress nya krn suka didatangin polisi akhirnya bunuh diri ... itu yg gua dengar terakhir2 sih krn akhirnya ortu gua mutusin gua utk pindah sekolah khatolik saja.

Anak itu buah hati kita , kita hamil 9 bulan , kita lahirkan anak kita dgn susah payah dan sedikit berjuang (itu krn dua-duanya gua lahir normal) , kita timang timang dgn sayang dan limpahkan cinta kita untuk mereka, kita beri mereka rasa nyaman , tenang dan damai , kita ada pada saat mereka membutuhkan kita , kita sediakan selalu pelukan terhangat untuk mereka pada saat mereka sedih , kita hibur tidak hanya dgn kata2 tapi juga dgn luapan kasih sayang kita , kita belai mereka setiap saat dan kita tidak pernah berhenti berdoa terus agar Tuhan selalu melindungi , menutup bungkus mereka dgn kuasa darah Nya, menjaga dan memberikan yg terbaik untuk mereka , kita tak tidur pada saat mereka sakit , kita slalu terjaga setiap saat dan tak mengenal lelah untuk mereka , akankah kita rela kalau buah hati yg kita jaga itu disakiti orang lain ? Kalau mentrapkan disiplin , gua setuju tapi tidak dgn cara fisik dan melecehkan anak kita. setiap anak selalu berharga di mata orang tua nya , apalagi di mata Bapa kita yg disurga.

8 comments:

yanti said...

ce, si evelyn sekolah dimana sih! itu guru kelewatan banget.. , baguslah didatangin laki elo, biar dia besok2 gak sewenang2 lagi di sekolah..

Anonymous said...

Setuju ama B'verly.. Btw lis, samaan pink nih.. hehe..

Salam bwt anak2 ya..

Theresia Maria said...

duh, miris aku bacanya. kasihan anak2 jadi korban. disiplin? gak perlu koq pake main tangan, apalagi rotan. Kalo di sini ortu aja yang main tangan ama anak2nya bisa dipenjara. apalagi guru yg harusnya jadi contoh murid2. apa perlu ditatar dulu tuh gurunya Eve.

Anonymous said...

Lis, miris-miris gw:

1. Pindah sekolah
2. Aduin ke Komnas Hak Asasi anak (salam yak buat Kak Seto nya kalo ketemu)

3. Jangan pernah membiarkan anak kita ditekan oleh siapa pun juga

4. "aah , Ibu R itu cuma galak di mulut dan mukanya memang ngak ramah , tapi hatinya baiiiikkk kook Ibu-Ibu, jadi jangan diambil hati yah"

IBU "R" itu bukan Ibu Rodney kan? bukan gw kan yang elo maksud di sini Lisssssssss??? *curigation mode on*

ris-SAN-iel said...

Lis,bagus tuh papanya anak2 udah damprat itu guru. kl anak gw digitukan, gw udah dari kemarin2 marah2 dan kl perlu laporin aja lgs, kl kepsek ngga mempan, ke yayasan lgs dah...
(jgn mau di gitukan- udah bayar sekolah mahal2 kok hehe..)

Hide said...

hmm kadang disiplin militer perlu juga sih, tapi at least dari smp bukan sd or tk buset.

Anak kecil kan mudah banget terusik, kalo udah gini, udah mogok gak mau sekolah etc etc

kapan hari anakku didorong temannya sampai nabrak pagar sekolah, memar gitu pake nangis-nangis gak mau sekolah lagi, aku bilang "Dorong balik aja, kalo amas si C deh" Eh tau gak besoknya aku nelpon lagi kata mertua *amaknya anakku* katanya sih anakku udah gebukin si C. Lho wakaka gpp, pasti ortu lainnya bersyukur soalnya si C ini udah kayak kepala gank *kayak Kiera hehehe*

Masalah guru killer pas SD aku pernah tau tuhh katanya belon married makanya galak dan sadis ke anak kecil. untungnya aku masuk kelas C bukan kelas D jadi terhindar dari guru killer itu.
Tapi pas SMP dan SMA buanyak guru killer, apalagi gw nakal banget yah udah kena macam-macam, dilempar penghapus papan tulis *penuh dengan debu* buseeett
dijejelin kapur tulis welehhhh
dan diskors, diusir keluar kelas kek hehehe
Kok komennya malah nakut-nakutin yah *kaburrrr*

Sunny Day said...

duh.. lice anak loe sekolah dimana seh, kog gurunya ngajarnya "old fashioned" banget masih model jadul kita sekul dulu.. sekarang mah gak jaman bo anak sekolah digebukin n diintimidasi, GILA SAYA AJA GAK PERNAH PUKUL ANAK SAYA, BERANI2NYA IBU PUKUL ANAK SAY PUNYA HAK APA IBU HAH!!

Saran g mending tar kalo dah lulus TK evelyn dipindahin aja dah..., gilole anak dah stres ama pelajaran sekolah, eh gurunya nambah2in intimidasi bisa gila nanti. Gw jadi geregetan baca cerita loe..lagian lice kayaknya gurunya gak bener d wong itu kan anak2 masih kecil semua gak pantes d mereka diperlakuin kayak gitu ama gurunya.. lu mesti sering2 tanya evelyn tuh.. jangan sampe diancem or diintimidasi ama gurunya lagi...

fanvin said...

Lis, kasihan banget ya anakmu, aku jg ga terima nih, mending pindah sekolah deh. Aku jg sempat dilema, pas mau masukin tiff ke TK, mau di TK biasa spt jaman aku dulu kecil, or di TK sekolah nasional plus. Akhirnya deh, aku sekolahkan di nasional plus, emang sih jauh lebih mahal, tapi ga ada model hukuman2 yg mengerikan, or intimidasi dari guru yg yg sewenang2. Btw, nama sekolahnya apa sih ?