Monday, November 27, 2006

Bokap

Kmr ini gua ke kuburan papa gua , seharusnya tuh tgl 12 November kmr tapi krn gag sempat jadi baru kmr ini gua kesana. Gag terasa sudah 6 tahun papa meninggal , bokap meninggal tgl 12 Nov 2000 sebulan sebelum gua melahirkan Evelyn, waktu itu ngada firasat apa2 , gua ingat bgt kejadian itu hr minggu dan hr itu gua kondangan jadi pas jam setengah tujuh tuh gua berangkat dr rumah gua pamit ke bokap , bokap masih ceria bgt , masih nonton tv dan bercanda dgn cucunya anak dr koko , terus gua pergi ke kondangan , tau tau pas keluar dr kondangan gw ditelponin sama tetangga gua disuruh pulang cepetan krn bokap jatuh , gitu doank pesannya singkat tapi bikin gw jadi panik.
Gua suruh misua kebut pulang , sampe rumah gua udah ngak peduli langsung loncat dan lari lari ngak peduli waktu itu gua lagi hamil 8 bulan , dan gua cuma melihat nyokap yg nangis2 , bokap lagi dibawa ke UGD katanya , nyokap ngak dikasih ke sana krn takut ngak kuat dan gw masih menaruh secercah harapan bahwa bokap masih bisa diselamatkan tapi pas gua telpon cici gua waktu itu , cici gua bilang sudah ngada harapan , bokap sudah masuk kamar mayat dan adl tugas yg paling berat memberitahu nyokap . yg pasti nyokap gua histeris , gua juga histeris , gua pergi bokap masih sehat , gua pulang kondangan bokap udah ngada. gimana ngak terkejut begitu cepat.
menurut koko gua yg pas dirumah , bokap ke kamar mandi then kok lama bgt ngak keluar2 cuma memang dr kamar mandi sempat kedengaran suara erangan cuma waktu itu ngak kepikiran cem macem dan pas udah lama ngak keluar dr kamar mandi akhirnya diketok ngada jawaban , koko gua mulai panik then mulai dobrak kamar mandi dan menemukan bokap sudah telentang di lantai kamar mandi , langsung diberi napas buatan dan dipukul2 dadanya tapi badan bokap mulai dingin dan membiru , cepat2 dibawa ke rumah sakit Husada dan sialnya tuh Rumah Sakit emang terkenal menyebalkan bgt dr dulu utk soal ginian dgn segala administrasi nya dan dokter jaga yg kurang pengalaman jadi bokap sama sekali tidak di pakai kejut listrik gitu dan langsung dinyatakan meninggal !!! terus belum menunggu sampai seluruh keluarga kumpul , pihak RS Husada juga sudah memasukan bokap ke kamar mayat dan di formalin , pdhl setelah kami sadar bbrp minggu kmd bahwa prosedur formalin itu harusnya adl 4 jam stl org tsb dinyatakan benar2 meninggal tapi ini belum sampai 4 jam bahkan baru 1 jam lebih mrk sudah lancang melakukan formalin dan didorong ke kamar mayat.

Bokap di kubur di pondok rangoon , cibubur dan kmr adl 6 th peringatan dia wafat. dan kmr juga Evelyn ikut melihat kuburan opa nya.
Yang gua sesalkan adl bahwa bokap gua ngak pernah melihat anak gua , andaikata dia masih hidup , dia akan bahagia .... krn pada dasarnya bokap tuh senang dgn cucu cewek , apalagi kalau yg manis mulutnya spt Evelyn yg bisa ngambil hati orang tua.
andaikata ......
andaikata .....
andaikata .....
andaikata .....

seribu andaikata tetap tidak merubah keadaan , bahwa bokap sudah tenang di pangkuan Bapa di surga. cuma satu hal saja yg membuat gua lebih tenang yaitu sebelum bokap meninggal , bokap sudah pernah bilang bahwa dia percaya JC dan mau ke gereja . Sblmnya bokap tuh kong hu cu dan ngak pernah sembahyang tapi menjelang hr2 terakhir bokap , bokap sudah mengijinkan nyokap dibabtis pdhal sebelumnya bokap sangat keras melarang nyokap utk ke gereja tapi 3th sebelumnya tiba2 bokap mengijinkan nyokap utk dibabtis dan aktif di kegiatan gereja. Walaupun bokap ngak sempat dibabtis tapi gua percaya bahwa bokap sudah diterima oleh Bapa di surga, firman Tuhan mengatakan bahwa ada 1 dari keluarga kita yg bertobat maka seluruh keluarga itu diselamatkan , demikian juga gua imanin bahwa bokap juga diampuni semua kesalahannya dan sudah tenang disisi JC.

Apa yg gua dapatkan dari semua kejadian ini adl selagi orang tua kita hidup , berusahalah utk selalu menyenangkan hatinya , sekalipun mungkin org tua kita baweeel bgt dan bikin kita gag tenang tapi sebisa mungkin kita yg muda ngalah. bahagiakan mereka selagi mereka hidup kalau mereka sudah tak ada lagi di dunia ini , adl bohong namanya kalau kita buatkan kuburan yg megah , atau beli peti mati yg termahal , krn begitu mereka tutup mata , mrk ngak akan melihat dan merasakan lagi. Dan skr gua cuma punya nyokap yg gua cintai , dan sebisa mungkin apapun yg nyokap minta gua akan penuhi walaupun gua harus misal bersusah2 , sebisa mungkin tiap liburan gua bawa nyokap berlibur ke puncak , kalau cici gua yg lebih tajir mah bawanya ke luar negri , terus nyokap paling dekat dgn Evelyn , sebisa mungkin gua sabar kalau apa yg gua trapkan ke Evelyn bertolak blk dgn apa yg di trapkan nyokap ke Evelyn krn Evelyn tidur dgn nyokap , jadi pasti ada perbedaan metode pendidikan tapi gua usahakan nurutin nyokap dan gua ngak pernah mau bikin nyokap susah. Dan ternyata dalam menghadapi masalah demi masalah hidup ini yg mungkin gua nga pernah ungkapkan , gua bisa lebih mature dalam menyikapi semua masalah .

5 comments:

Linx said...

iye..makasiy ya lis uda ngingetin daku untuk nynengin ati bokap n nyokap:)
ga tau akhir2 ini nape koq bloggers postingannya nendang di ulu ati gw mulu:( emang ndableg kali ye diriku:(
ampyunnnnn....:((

Amey said...

Hiks jadi nyesel lagi gue..
Gak lagi2 deh gue misuh2..
Mohon ampun yah :) kekkeke

Lisa said...

Linx : makanya jangan kebanyakan pigi2 , kudu nemenin papa mama kekeke
Amey : dudul loe kekekek iya deh gua ampunin , mana teh nya kan mau soja dulu kekekek

Yenny Lesly said...

rumah gw deket ama bokap & nyokap tapi gw sowannya cumans etaon sekali pas imlek :(( huhuhuhu...

Lisa said...

yenod : lu mah memang anak murtad , kalau gue jadi bonyok lu udah gua pecat lu jadi anak kekekek