Monday, February 05, 2007

Jakarta Banjir

Jakarta lagi dilanda banjir , dimana2 banjir ... dimulai dari hari kamis tgl 1 February yg gua ngak masuk kantor , saat itu hujan deras dan seharian , besokannya hari Jumat juga hujan cukup deras sehingga banyak teman kantor yg terjebak kemacetan akibat banjir , namun itu semua belum puncaknya , hr Sabtu kmr dari dini hari sudah hujan deras sehingga sabtu kmr gua ngak masuk kantor dan dengerin berita di metro tv , OMG begitu banyak daerah yg kena banjir terutama perumahan kelapa gading.
Bbrp teman yg tinggal disana hr sabtu pagi2 sudah mengungsi ke rumah mamanya yg didekat rumah gua, dan misua bilang adiknya yg tinggal daerah bojong juga ngungsi ke hotel dr hr jumat dikarenakan banjir setinggi dada. Air datang cepat sekali katanya , pertamanya ceman selutut kemudian makin meninggi dan untunglah mrk cepat keluar dr kompleks perumahan dan masih sempat mengamankan mobil dan motor , yg lain tidak sempat lagi bahkan bajupun tidak sempat dibawa.
Akhirnya sabtu itu kami tidak kemana2 , perasaan cemas akan banjir dan juga cuaca yg tidak bersahabat , sehingga seharian kami ceman dengerin berita , main dgn anak2 . Menjelang malam , gua dan misua pergi untuk ngeliat keadaan adiknya sebentar yg sedang ngungsi di hotel mega anggrek , anak2 gua tinggal dirumah dgn nyokap krn gag tenang dalam situasi demikian bawa anak2.
Sesampai di hotel mega anggrek , gua lumayan surprise juga dgn begitu banyaknya org yg sedang cek-in , ternyata mrk adl pengungsi yg rumahnya kebanjiran , kebanyakan daerah kedoya, green garden dan sekitarnya . Ada yg ceman berpakain baju tidur , dan bawaan sekedarnya , ada yg masih numpuk di lobby hotel krn kamar penuh.
Dalam kondisi spt ini , tak lupa gua kembali mengucap syukur pada Tuhan krn kasih karuniaNya lah maka kami bisa melewati semua ini.

Hanya sebentar kami disana , sebelumnya gua dan misua sempat ke mini market bentar buat beli persediaan makan buat mrk dan juga buat dirumah gua , spt supermie (yg amazing ternyata habis diborong org ck..ck..) jadi gua beli yg satuan dalam jumlah banyak , terus beli makanan kaleng spt sarden , kornet , minyak , gula , telor dan susu anak yg penting . Ini utk berjaga2 kalau nanti di pasar disapu bersih krn pagi nya kata nyokap pas dia ke pasar ternyata sudah habis melompong disapu bersih org2 jadi gua stock dirumah tapi tidak dalam jumlah besar hanya utk berjaga2 kalau di pasar nanti kosong krn lagi musim banjir gini , kami juga prediksi pasti yg jualan sayur akan sedikit dan berebutan.
Ngak lama kami pulang , dalam perjalanan pulang kami mendengar radio El-Shinta mengatakan bahwa jam 9 malam , pintu air manggarai akan dibuka dan puncaknya nanti pada jam 1 pagi dini hari akan terjadi banjir susulan utk itu diharapkan semua warga Jakarta barat berjaga2.

Sampai dirumah , gua dan misua berkumpul bersama2 anak2 dan berdoa . Mohon agar Tuhan tetap menjaga dan melindungi kami sekeluarga , kalaupun mmg kami harus mengalaminya , kami tetap minta perlindungan tangan Tuhan terhadap kami. Dan exception untuk hr sabtu itu , anak2 boleh ikut begadang dgn kami sampai jam 1 pagi krn kami terus berjaga2 . Sementara misua sambil kerja di laptopnya , anak2 nonton cartoon network dan hepi bgt krn boleh begadang , gw terus membaca firman Tuhan yg menguatkan . Ada satu rhema yg gua dapat yaitu melakukan tindakan iman , kita selama ini hanya mendengar tapi pd saat kita mengalami , kita jarang melakukan tindakan iman . Maka malam itu gua melakukan tindakan iman , dan gua imanin bahwa semua itu akan lewat.
Kalau kita mendengarkan dunia berkata, hati kita akan kecut , hati kita makin takut , makin was2 dan cemas. masih terpatri jelas di benak gua ttg kejadian 2004 yg lalu ttg tsunami dimana air yg deras bisa menghanyutkan apa saja , dan ketakutan spt ini yg melanda gua kmr . harus lari kemana gua kalau banjir datang ? tapi membaca firman Tuhan , sungguh sangat menguatkan kita , akhirnya gua pasrah dan menyerahkan totally seluruhnya pengharapan gw pd Tuhan. Krn ada satu lagu yg membuat gua yakin Tuhan sedang berkata pada gua yaitu :

Di saatku tak berdaya, KuasaMu yg sempurna
ketika ku berdoa , Mujizat itu Nyata

Hari Minggu cuaca mendung , kami ke gereja dan di gereja sepi sekali. krn kmr minggu pertama maka ada perjamuan kudus , dan pulang dari gereja kami jalan memantau keadaan , lokasi rumah kami ditengah2 agak jauh dari kali Ciliwung yg membelah jalan gajah mada dan hayam wuruk. Saat itu air sudah mulai naik dan mulai keluar dari lubang2 air yg ada di jalan, banyak org mulai kumpul2 disekitar kali dan ada yg mulai menaruh karung2 utk menahan air kali meluap ke jalan. Hal ini disebabkan kalau pintu air manggarai dibuka , maka air kali ciliwung akan naik dan kalau ditambah hujan setempat maka air akan meluber keluar . Maka pulang kerumah , lagi2 doa dan doa yg gua lakukan.
Hati gua agak tenang sedikit krn sedari siang sampai malam , hujan ngak turun tapi tetap aja cuaca ngak mendukung krn setiap saat bisa saja hujan . Jam 9 malam lebih , gua dan misua keluar utk memantau keadaan jalan dan puji Tuhan , air yg tadi mulai keluar ke jalan sudah agak surut tapi air di kali ciliwung tetap masih penuh , kami mengitari sepanjang jalan gajah mada utk melihat kondisi dan masih dalam posisi aman krn gua yakin doa gua didengar Tuhan. dan lagi2 para kancil dirumah kegirangan krn malam ini exception again , boleh menemani kami begadang kekekke ... hr ini juga sampai jam 1 pagi krn ipar gua telpon dengar dari tv klu pintu air manggarai dibuka lagi , tapi kali ini hati gua sudah mantap dan yakin bahwa Tuhan ngak akan melepaskan pegangan tangan gua padaNya.
dan sepanjang malam berdoa , menjelang jam 12 lewat tengah malam , tiba2 hujan turun deras dan gw makin khusuk lagi berdoa dan sungguh Tuhan itu baik , tiba2 saja hujan yg tadinya deras dan kencang langsung berhenti.. sampai pagi ini , walaupun di bbrp tempat gua dengar dari radio sonora spt daerah tomang , tanjung duren sedang hujan . Praise to the Lord !!!

Dan pagi hari gua bisa masuk kantor , dan baca di metro news bahwa ketinggian air di pintu manggarai mulai surut. heran deh kok yah bandel yah Pemda disini , yg disalahkan kalau sudah banjir malahan hujannya. menurut bang yos , ini fenomena alam 5 tahunan !! yah dari dulu kaga ada action apa2 gethoo utk antisipasi banjir.
mmg sih ini banjir 5 tahunan , dulu tahun 2002 gua ingat bgt juga terjadi hal spt ini , waktu itu bahkan gua masih hamil tua , hamil si Celine sementara si Evelyn baru berumur 1 tahun lebih , dengan perut besar gua bahkan bisa ikutan antri beli susu bayi di carefour yg waktu itu ceman ada satu2nya di Duta Merlin , bisa lari dgn lincah utk nyetok makanan bayi dan bisa memanfaatkan situasi hehehe kadang kan org kasian liat gua , ini ibu hamil tapi masih lincah jadi kadang pas antri suka dikasih duluan.
Kalau dengar cerita teman yg tinggal di kelapa gading sono , kasian sekali. Mereka pada ngungsi malam2 , naik mobil tentara , ada yg naik getek , kalau udah keik gitu di suruh bayar berapa pasrah dan tak punya hal tawar , kalau lagi dalam keadaan gitu kadang kita suka kesel jg knp ada org yg suka manfaatin kesusahan ini utk keuntungan pribadi semata2 . Teman gua bahkan pada saat ngungsi ngak bawa pakaian juga, bahkan mobilnya sebanyak 2 buah terpaksa ditinggal . Kalau lagi dalam kondisi begini kata teman gua , kita baru berasa kita tuh ngak bisa angkat harta apapun , yg penting keselamatan diri sendiri . Adalagi juga teman gua yg lagi hamil , baru saja rumahnya ganti wallpaper dan beli kulkas baru , semua habis kena banjir.

Yah itulah laporan sekilas mengenai banjir di Jakarta. Yg penting adl kita harus percaya bahwa Tuhan selalu menyertai kita dan yg penting doa !!!

4 comments:

ris-SAN-iel said...

Lis..Puji Tuhan rumah eloe ngga kemasukan air....
bener yg di KGP sepupu gw ada 2 ninggalin semua rumah dan mobil, naik perahu karet dan truck....pdhal rumahnya baru2 ...bener2 ngga bisa bawa harta kemana yaaa

Anonymous said...

Puji Tuhan gak banjir..aku penghuni KGP nih, emang nih, KGP makin lama makin kuat aja daya gak mau nyerap airnya, banjir makin tinggi tiap taun. HUHUHUHU. Rumahku katanya kemasukan dikit sih, dari yang tadinya gak masuk soalnya tinggi. karena lampu mati akhirnya ngungsi sunter sih..keluarga skrg bae2 aja..cepat pulih Jakarta!!

R.e.t.h said...

Unnttuuunggg kaga kebanjiran rumahnya ya ci,
kalo ampe kebanjiran aku bantuin angkat2 barangnya deh, ekekekek ;p

Yenny Lesly said...

Lis,untung gak kebanjiran ya, kalo gak lo bisa heboh, mana ada kuciang berani ama air :))