Monday, October 11, 2010

Guru Les

Sejak anak2 masuk SD , gua kasih mrk les pelajaran dgn pertimbangan kalau gua kan kerja , pulang kdg malam , gua pulang dr kantor sampai rumah jam 7 , kalau ngada bos bisa lbh cepat jam setengah 7 , tapi itu dulu semenjak gua hamil kan , laki gua ngak kasih gua pulagn sendiri lagi , kalau dulu ngada bos , jam 5 gua dah ngacir dgn berbus-way ria , sejak hamil laki gua bilagn dia yg jemput.
Malesnya kalau doi yg jemput tuh , gua kudu nunggu dia dr Roxy mas ke kantor gua lewat tanah abang yg biang macet jd sampai kantor gw bisa jam 7 malam , dan sampe rumah jam setengah 8 gitu deh , jadinya kan kadang pelajaran anak2 suka keteteran.
Makanya sejak Celine masuk SD , kebetulan ada guru eks TK dia yg mau datang ke rumah utk les in , ya sudah gua senang aja.

Awalnya sih semua berjalan lancar, artinya nih guru datang tepat waktu , jam 2 dan pulang jam 4 , jadi waktu les bener2 dipadatin utk ngajar anak2 , tp ada nga sreg nya dr awal sih yaitu dia dtg ngajar dan nulis soalnya pas di rumah , maksud gua kan jadi kebuang dong yah waktunya buat nulis2 soal gitu , tp gua pikir ya sudah lah gag papa , walaupun dalam hati kalau gua jadi guru les pasti malamnya gua kan prepare soal2 apalagi dg pengalaman sbg guru les anak SD kan kurang lebih dah tau yah kurikulumnya apa , jd pastinya udah bisa bikin soal dan tinggal sesuaikan dgn kurikulum sekolahannya aja.
Dan slama ini gua fine2 aja , artinya no complain sama sekali ama nih guru , terus makin lama nih guru udah spt mikrolet artinya kaya ngejar setoran , dia banyak terima murid les , shg dia sendiri kelabakan dan ngak bisa perhitungan waktu , disini gua bisa melihat bagaimana berantakannya dia sbg seorg guru , dah gitu jam yg harusnya dr jam 2 diundur terus jam 3 , undur lagi jam 4 , belom terhitung kalau mendung , dia ngak dtg , atau dia gak datang dgn alasan ada ujian , dia ambil kuliah lagi , jd dia sering sms ke gua minta ijin ngak les krn mau sidang atau skripsi .
Pertama2 gua oke2 , maklum , kasian ama dia , udah seumuran gitu masih semangat kuliah dan selain ngajar di TK , dia car sampingan dgn memberi les dan pulang malam naik bis .
jd kalau dia sms ke gua ngak bisa dtg les , ya ngak masalah lah , gua sih slalu jawab oke bu , gag papa.
Dulu2 dia masih bisa kalau ngak masuk , dia akan ganti hari lain , eh makin lama dia pikir gua baik , dia cuek nga ganti hari. ini gua tau dr pbt gw yg dulu krn kdg gua lupa nanya hr ini les apa engga , sedangkan kalau si guru les ngak datang mah anak2 malah girang wkwkwkw
terus terakhir2 anak gua lapor kalau si Bu Y dtg jam 4 lewat kadang dah mau jam 5 , pulang jam 6 dah keberet2 pulang , gua masih oke2 aja .
Terus mama gua laporan juga , si guru ini katanya kalau les lantai bawah , di ruang keluarga gitu ngak mau alasan dia adl krn si Celine suka ngak konsent krn pbt gua kan suka mondar mandir , dia minta di kamar atas , kamar belajar anak2 , ya wes ngak papa , di atas ada AC , dan duduk selonjoran gitu lebih rileks dan mmg sepi , ngada gangguan jd Celine lebih konsent kali yah gitu pikir gua , nurut aja apa maunya nih guru.
Bahkan uang les dia ngak minta naik tp krn udah setahun biasa gua naikin krn kasian ama dia , pdhl setelah ini gua bandingin ama temen gua yg les di tempat les gitu , harganya malah lbh murah disana , pdl disana les tiap hari dr jam 3 sampai jam 5 , dan kalau anak ada ulangan , bisa sampai jam 6 , dgn catatan kalau si anak pulang ditanya temen gua dah bisa , jadi temen gua ini prinsipnya kalau udah les in anak , harus ada hasil dan bukan kita sbg org tua yg cape lagi malam2 musti tanyain pelajaran ke anak itu.
prinsipnya beda ama gua , kalau gua sih biar anak les tetap aja gua sbg org tua malamnya gua review lagi krn dgn sambil review dan tanya jawab gitu , gua jg bs tau sampai dimana kapasitas anak gua menghapal , tau sendiri lah sekolah khatolik beda ama Int Skul , kalau sekolah khatolik umumnya berbasis hapalan walaupun gede nya juga ngak kepake wkwkwkwk
Mulai kesal nya ama nih guru memuncak pas si Celine naik klas 3 , pelajaran tambah dalam , ditambah banyak tugas . malam2 pulang gua masih menyempatkan diri periksa tugas nih anak dan kadang tuh kesal krn PR yg dibuat tuh ditulis dgn tulisan yg acak2an , walaupun benar jawabannya tp ya gua kan kesel juga sempet mikir nih anak bikin PR ama si guru les tp ini guru les sama sekali ngak memperhatikan tulisan nih anak , harusnya kan dia perhatikan jgua , ditambah banyak buku cetak dan soal ulangan yg dibawa nih guru buat di foto copy , bikin gw tambah kesel , skr apa gunanya coba dia copy buku anak gua dan soal2 anak gua ? tujuannya kan buat pribadi dia , ternyata benar sama si guru les , soal celine dijual lagi ke anak sanmar yg dibawah kelas si Celine , kurang ajarr kan.
bete banget , gua baik tp malah diinjak2 , ditambah kesel pas ngada mbak yg lama , ganti mbak baru kan ngak ngerti apa2.
Jadi dia les anak2 di kamar atas , pdhl tuh kamar belajar anak gua udah gua susun rapi krn gua mmg orgnya rapian biar hamil perut gede gini gua ngak betah kalau liat buku2 berantakan jd cape2 gua tetap beberes , kalau perlu angkat2 atau dorong gua lakonin sendirian , jadinya betee bgt liat kamar blj anak gua berantakan .
Gua dah pilah2 soal ulangan , soal bimbel , dan latihan2 atau tugas dalam map yg udah gua labelin , spt UTS celine, UTS Evelyn, tugas celine , project evelyn , itu semua udah gua pisah biar kalau mau belajar gampang , tapiiii tiap abis les , gua masuk ke kmr belajar anak gua berantakan tuh semuanya , dicampur aduk , belom lagi buku2 pelajaran anak gw yg tadinya udah disusun rapi di tas buat besok , dikeluarin , dan ketemu anak gw jg slebor , abis les ya udah .
hiiii capeee bgt , pas gw cuti kmr ini , gua liat sendiri tuh , akhirnya gw beberes sambil gua omelin anak gua , tp kt Ev , itu perbuatan si bu Y , dia yg geratakan semua buku dan map dan dicampur , heraaan deh guru les kok jorok dan ngak berjiwa pendidik gitu yah.
akhirnya krn gua kesel , mumpung juga gua lagi cuti dirumah dan bisa ketemu muka sama dia , gw bilang aja ke si Bu Y , kalau besok les di bawah aja , jangan diatas , jd buku pelajaran yg disiapin kan dah tau , buku mat , bhs ataupun yg mau ada tes besoknya , itu yg disiapin , sedangan soal2 spt tugas dan project anak2 jangan di kotakkatik deh kecuali kalau nilai mrk jelek dan ada yg ngak ngerti , br mrk bawa kasih si bu Y liat , kalau ngada masalah , ya ajarin aja yg buat besok .
terus pernah dia sms ke gua bermanis2 ngak bs datang les , gua sms balik minta dia ganti hari , dan jg pernah gua berminat utk ngak les in lagi ama nih guru cuma gua kdg ngak tega ngomong nya wkwkwk akhirnya via sms gua tegur lagi spy jam les dipadatkan spt perjanjian semula dulu , kalau janjinya 2 jam ya kalau mmg lu gnak bisa dtg , ganti lah lain hari dgn jam yg lebih panjang gitu intinya.
gua sih orgnya ngak banyak neko2 tp gua juga ngak suka dimanfaatin wkwkwk belom lagi nih guru yah masa pbt gua mau di bajak , keterlaluan ngak tuh wkwkwkw
dia tanya no hp mbak yg lama dan dia telp depan anak gua , pikirnya anak gua ngak bisa ngadu , dia mau tawarin kerja ama dia , gilaa kali dia , terus blkgan dia kaget krn kayaknya gaji mbak yg lama dah tinggi bgt kan , akhirnya bgt liat mbak yg baru ini lumayan rajin , bersih dan bebas hape lagi , dia jg mau , gw lgs tegur via sms aja "Bu Y tolong kalau Ibu ada pertanyaan mengenai mbak yg lama ataupun mbak yg baru , Ibu bisa cari saya jangan lgs via ke mbaknya !" wkwkwk

Terus akhir2 ini kelakuan dia agak membaik, krn dia mulai berasa gua mau berentiin les ama dia , dan jg dr mama gua jarang kasih makanan lagi wkwkwkwk
Jadi tuh kalau pas dia mau selesai les , dia suka ngintip ke dapur gua dan liat mama gua masak apa , terus matanya suka ijo kalau liat panci2 hasil arisan gua , spt panci pres , panci happy call , dan masih banyak lagi yg dipake mama gua buat masak , kan praktis bgt tuh , suka nanya2 dan nyerempet2 kayaknya mau beli tp ngak mampu gitu , terus kalo mama gua masak enak pasti nga enak kan ada dia jd suka dibungkusin sayur , spt ayam kuluyuk , daging masak nanas , tahu kari atau telor cabe gitu deh , ampir tiap dia les pulagnnya bawa tentengan , skr gua bilang ke mama gua , jagnan dikasih lagi , kebiasaan jadinya wkwkwkwk
skr dia lagi baik2in lagi , datagn jam 4 kurang dan pulagn les jam 6 lewat wkwkwkwk... sukurlah kala gitu , yg ada anak2 protes kelamaan hahahhaa
Sebenarnya mau aja berentiin tp anak2nya juga protes , mrk ngak mau les di luar rumah krn cape apalagi kalau yg tiap hari , mengingat juga si Bu Y yg dtg ke rumah , mau panas , mau mendung urusan dia kan , cuma ada ruginya payung di rumah suka dipinjam ngak dibalikin , akhirnya pernah tuh si Ev bilagn ke gurunya suruh balikin payungnya , terus dijawab ama si guru les nya gini "kamu ini pelit bgt ! baru pernah ibu nemu anak sepelit kamu dr sekian banyak murid les ibu !" sambil ngomong gitu payungnya dikeluarin dr tasnya dan dibalikin ke Ev.
Pas Ev cerita ke gua , gua yg emosi deh , harusnya kan dia yg pake otak udah minjem payung balikin , ini udah sering pinjem payung kaga dibalikin , giliran diminta malah ngomong gitu , nah buktinya dai bawa tuh payung kok ngak dibalikin , kalau mmg mau minta , lain lagi , minta dong , pasti gua beliin kalau sampe payung aja lu ngak bisa beli , huh.

6 comments:

Arman said...

wah.. gua ngebacanya aja ikutan kesel jadinya. iya tuh ngelunjak banget yaaaa....

yah moga2 bener2 berubah jadi baik lagi lah. secara emang kan anak kalo udah terbiasa jadi lebih cocok ya. kalo diganti guru juga belum tentu cocok...

Healthy Family said...

Be brave yach jadi guru..mending kita nyanyi ^_^ ♫♫♫♫▬▐«╬ÄÄ
nyanyi ga jelas but anyway badan sehat beban hilang,..nyanyi lagi ♫╬╬♫╬╬♫♫♫

Pucca said...

emang umur berapa sih guru lesnya? kok begitu gak ada wibawanya kayanya ya, sering gak datang, minjem payung gak balikin, mo bajak prt lagi, kacau banget sih ibu guru itu, kan jadinya gak kasih contoh yang baek ke anak ya...

Patty said...

coba cari2 lagi guru les drpd makan ati mulu.

Lina said...

waduh ngeselin amat ya gurunya...

Mana boleh dia ngomong gitu ke anak2 bilang pelit segala

Yuliana-Fun said...

gw dulu jadi guru les anak2 mank kudu cocok2an...ada yang bisa kita tangani, ada juga yang ga.. mungkin kita cocoknya handle anak yang laen.. dan mungkin juga anak laen cocoknya sama guru yang laen...
tapi ini berlaku buat guru les yang yaa ga kayak yang loe alamin gini..mank ngeselin deh... ga sopan banget...